Kenali Penyebab Dan Cara Penanganannya Sakit Tulang Belakang

MEJAQQ Tulang belakang sakit biasanya terjadi karena ada masalah pada ligamen, otot, bantalan, saraf, atau struktur tulang. Tulang belakang sakit yang parah atau berlangsung lebih dari seminggu perlu diketahui penyebabnya agar bisa segera mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai dari dokter.

Tulang belakang sakit digambarkan dengan rasa nyeri di punggung bagian bawah atau atas yang menusuk tajam dan bisa menjalar sampai ke kaki. Keluhan ini biasanya terasa memburuk saat berdiri atau berjalan. Beberapa orang bahkan bisa mengalami penurunan rentang gerak dan berkurangnya kemampuan untuk meregangkan punggung.



MEJAQQ: AGEN JUDI POKER DOMINOQQ BANDARQ ONLINE TERBESAR DI ASIA 

Berbagai Penyebab Tulang Belakang Sakit

Tulang belakang sakit sebaiknya jangan dianggap remeh, terutama bila terjadi selama berminggu-minggu. Keluhan ini bisa saja terjadi karena kondisi tertentu yang perlu perawatan. Berikut ini adalah berbagai penyebab tulang belakang sakit yang sering terjadi:

1. Gaya hidup sehari-hari

Meski terkesan sepele, kebiasaan sehari-hari bisa menjadi penyebab tulang belakang sakit. Sebagai contoh, posisi tubuh membungkuk saat bekerja di meja, merokok, sering menggunakan sepatu dengan hak tinggi, jarang berolahraga, atau mengangkat barang berat. Pada kasus ini, keluhan tulang belakang sakit biasanya hanya terjadi sementara.

2. Ketegangan otot atau ligamen

Tulang belakang sakit juga umum disebabkan oleh otot atau ligamen yang tegang. Ketegangan ini biasanya terjadi akibat melakukan gerakan secara tiba-tiba atau mengangkat beban berat berulang-ulang maupun dengan posisi yang salah.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, misalnya bekerja hampir sepanjang hari atau berolahraga, juga bisa menyebabkan tulang belakang pegal dan kaku. Pada orang dengan kondisi fisik yang lemah, ketegangan otot yang terjadi terus-menerus pada tulang belakang dapat meningkatkan risiko terjadinya kejang otot.

3. Skoliosis

Tulang belakang sakit termasuk salah satu keluhan yang umum terjadi akibat skoliosis pada orang dewasa. Pada kondisi ini, tulang belakang melengkung ke samping sehingga memberi tekanan pada otot punggung atau saraf di dalam dan sekitar tulang belakang.

Akibatnya, skoliosis menimbulkan nyeri, mati rasa, dan kesemutan pada punggung bawah hingga kaki. Keluhan ini biasanya makin memburuk saat penderitanya duduk atau berdiri terlalu lama.Daftar MejaQQ

4. Kerusakan pada struktur tulang belakang

Kerusakan pada struktur tulang belakang akibat radang sendi, osteoporosis, atau cedera juga bisa menyebabkan tulang belakang sakit.

Radang sendi atau osteoartritis terjadi karena kerusakan dan kemunduran tulang rawan sendi di punggung bawah. Kondisi ini lama-kelamaan menyebabkan penyempitan di ruas tulang belakang (stenosis spinal) dan membuat saraf di tulang belakang tertekan.

Sementara itu, osteoporosis adalah kondisi tulang yang mengalami penipisan dan kehilangan kepadatannya. Hal ini dapat menyebabkan patah tulang kecil di tulang belakang sehingga menyebabkan rasa sakit yang terasa parah.

Cedera tulang belakang, misalnya akibat kecelakaan, terjatuh, atau keseleo, juga dapat menyebabkan tulang belakang rusak atau bahkan patah sampai menimbulkan rasa sakit.

5. Saraf kejepit

Penyebab tulang belakang sakit yang juga umum terjadi pada orang dewasa adalah saraf terjepit atau hernia nukleus pulposus (HNP). Pada kondisi ini, bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang sehingga menimbulkan nyeri.

Pada kondisi yang jarang terjadi, tulang belakang sakit juga bisa disebabkan oleh hilangnya fungsi saraf di tulang belakang bawah (sindrom cauda equina), infeksi jamur atau bakteri pada tulang belakang, kanker atau tumor, hingga infeksi ginjal.

Penanganan Tulang Belakang Sakit

Untuk mengatasi tulang belakang sakit, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen. Ikuti dosis pemakaian yang tepat sesuai dengan anjuran yang tertera di kemasan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan koyo, krim, atau salep pereda nyeri.

Jika sakit masih terasa, Anda sebaiknya pergi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik guna menguji kemampuan Anda untuk berdiri, berjalan, dan mengangkat kaki. Selain itu, dokter dapat melakukan pemeriksaan penunjang, seperti X-Ray, MRI atau CT scan, dan tes darah. Agen BandarQ Online

Tergantung pada penyebabnya, penanganan yang biasanya disarankan oleh dokter untuk tulang belakang sakit adalah:

  • Obat relaksan otot (muscle relaxant), untuk meredakan tulang belakang sakit
  • Suntikan kortison, untuk menghilangkan rasa sakit yang cukup parah hingga menjalar ke kaki
  • Fisioterapi, untuk meningkatkan fleksibilitas, memperkuat otot punggung dan perut, serta memperbaiki postur tubuh
  • Operasi, untuk tulang belakang sakit akibat saraf terjepit atau kondisi yang menyebabkan penyempitan ruas tulang belakang

Tulang belakang sakit bisa menjadi masalah kesehatan serius jika disertai dengan gejala atau kondisi lain, seperti:

  • Tulang belakang sakit berlangsung selama beberapa minggu
  • Rasa sakit terasa makin parah, intens, terus-menerus, tidak membaik dengan istirahat, dan memburuk di malam hari
  • Rasa sakit menyebar ke salah satu atau kedua kaki
  • Kelemahan, mati rasa, atau kesemutan pada salah satu atau kedua kaki
  • Sakit tulang belakang yang terjadi setelah mengalami cedera, seperti terjatuh, kecelakaan, atau pukulan pada punggung
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  • Demam
  • Sensasi berdenyut di perut

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami tanda-tanda bahaya tulang belakang sakit seperti yang telah disebutkan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan yang sesuai.


Posting Komentar

0 Komentar