Beberapa Fakta Penyakit Herpes Zoster

MEJAQQ -“Penyakit dompo merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Varicella Zoster. Virus ini yang juga menjadi penyebab cacar air ini dapat menimbulkan gejala utama berupa munculnya bintil berisi air di permukaan kulit.”

Penyakit dompo adalah istilah yang banyak orang gunakan untuk menyebut herpes zoster. Herpes zoster adalah penyakit akibat infeksi virus Varicella zoster, yang merupakan virus penyebab cacar air. 

Penyakit ini memiliki gejala berupa munculnya bintik berisi air pada permukaan kulit. Biasanya, bintik akibat penyakit ini muncul pada satu sisi tubuh dan terasa nyeri. 

Penyakit dompo jarang berbahaya, tetapi gejala nyeri yang muncul bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Yuk baca pembahasan berikut ini untuk mengetahui fakta-fakta penting terkait penyakit ini!

Gejala Herpes Zoster atau Penyakit Dompo 

Salah satu gejala yang khas dari penyakit dompo adalah munculnya bintil berisi air di permukaan kulit. Bintil yang muncul biasanya hanya pada satu tempat atau bagian tubuh, tetapi dapat menyebabkan jaringan di sekitarnya menjadi bengkak.

Selain itu, bintil juga bisa berkembang menjadi luka lepuh yang jika pecah bisa menyebabkan luka berkerak.  Kemunculan bintil juga memicu gejala nyeri, sensasi seperti terbakar, kaku, dan kesemutan.

Selain bintil, penyakit ini juga bisa menyebabkan pengidapnya mengalami gejala berikut ini:

    • Demam.
    • Sakit kepala.
    • Sensitivitas terhadap cahaya.
    • Kelelahan.

Dua hingga 3 hari setelah gejala tersebut muncul, akan muncul juga ruam yang nyeri pada area sensitif kulit. Biasanya pada salah satu sisi tubuh di area salah satu saraf kulit (dermatom).

Pada awalnya, ruam tersebut berupa benjolan merah yang terasa menyakitkan dan dengan cepat berkembang menjadi lepuh berisi cairan. Lama kelamaan permukaanya berkerak. Ruam tersebut bisa berlangsung selama 10 hingga 15 hari.

Seperti yang tertulis sebelumnya, penyebab penyakit ini adalah infeksi virus yang sama dengan penyebab cacar air. Maka dari itu, pengidapnya adalah orang yang pernah mengalami cacar air sebelumnya.

Namun, tidak semua orang yang pernah mengalami cacar air pasti akan terserang penyakit ini. Ada faktor lain yang bisa meningkatkan risikonya, seperti berusia di atas 50 tahun atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Bagaimana Cara Mengobati Herpes Zoster? 

Mengingat penyebabnya adalah virus, maka mengonsumsi obat antivirus bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati penyakit ini. Selain itu, pengidap juga memerlukan jenis obat lain.Daftar MejaQQ

Pengidapnya juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Ada juga beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat penyakit ini, yaitu:

    • Jangan mengenakan pakaian yang terlalu ketat. 
    • Kenakan pakaian yang berbahan lembut, seperti katun. 
    • Menutupi bintil di kulit agar tetap bersih dan kering. 
    • Mandi dengan air dingin, jangan gunakan air panas. 

Hal ini penting kamu lakukan bersamaan dengan pengobatan agar penyakit bisa segera teratasi. Kondisi ini bisa memicu komplikasi jika tidak mendapatkan pengobatan dengan cara yang tepat. 


Komplikasi yang Bisa Terjadi

Ada beberapa Komplikasi Serius yang Bisa Diakibatkan Herpes Zoster, di antaranya:

    • Neuralgia pasca herpetik. Bagi sebagian orang, nyeri bisa berlanjut lama setelah lepuhnya hilang. Kondisi ini terjadi ketika serabut saraf yang rusak mengirimkan pesan rasa sakit yang membingungkan dan berlebihan dari kulit ke otak.
    • Kehilangan penglihatan. Herpes zoster di dalam atau di sekitar mata (herpes zoster oftalmikus) dapat menyebabkan infeksi mata yang terasa menyakitkan. Hal tersebut dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan.
    • Masalah neurologis. Kondisi ini dapat menyebabkan radang otak (ensefalitis), kelumpuhan wajah, atau masalah pendengaran atau keseimbangan.
    • Infeksi kulit. Jika lepuh dari kondisi ini tidak mendapatkan pengobatan dengan benar, infeksi bakteri pada kulit dapat berkembang.

Itulah fakta tentang herpes zoster yang perlu kamu ketahui.Agen BandarQ Online

Jika kamu atau anggota keluarga memiliki gejala kondisi kulit tersebut, segeralah tanyakan pada dokter untuk mendapatkan saran perawatan yang tepat.


Posting Komentar

0 Komentar